Teknik mesin
Insinyur teknik mesin
mendesain dan membuatmesin dan pembangkit listrik...
Teknik mesin atau Teknik
mekanik adalah ilmu teknik mengenai
aplikasi dari prinsip fisika untuk analisis,
desain, manufaktur dan pemeliharaan sebuah sistem
mekanik. Ilmu ini membutuhkan pengertian mendalam atas konsep utama
dari cabang ilmumekanika, kinematika, teknik material, termodinamika dan energi. Ahli atau pakar dari teknik mesin
biasanya disebut sebagaiinsinyur (teknik
mesin), yang memanfaatkan pengertian atas ilmu teknik ini dalam mendesain dan
menganalisis pembuatankendaraan, pesawat, pabrik industri, peralatan dan mesin industri
dan lain sebagainya. Teknik mesin biasanya terdiri dari :
1.
Perancangan Mekanik dan Konstruksi
2.
Proses Manufaktur dan Sistem Produksi
3.
Konversi energi
4.
Ilmu Bahan / Metalurgi
Teknik mesin mulai berkembang sebagai suatu
ilmu setelah adanya revolusi industri di Eropa pada abad ke-18. Kemudian pada
abad ke-19 semakin berkembang lagi mengikuti perkembangan ilmu fisika. Ilmu teknik mesin pun semakin canggih,
dan para insinyurnya sekarang mengembangkan diri di bagian komposit, mekatronika, dan nanoteknologi. Ilmu ini juga mempunyai
hubungan dengan teknik penerbangan, teknik sipil, teknik listrik, teknik perminyakan,
dan teknik kimia.
Daftar isi
Pendidikan untuk teknik mesin ditawarkan di
universitas di seluruh dunia. Di Brasil, Irlandia, Cina, Yunani, Turki, Amerika
Utara, Asia Selatan, India, Indonesia dan Britania Raya, program teknik mesin
diselesaikan dalam waktu 4 atau 5 tahun dan lulus sebagai Sarjana
Sains (Bachelor of Science/B.Sc), Sarjana Teknik Sains, Sarjana Teknik (B.Eng), danSarjana
Teknologi (B.Tech). Di Spanyol, Portugal dan kebanyakan negara
Amerika Selatan, nama resmi untuk lulusan teknik mesin adalah Insinyur Teknik (Mechanical
Engineer), dan lama pendidikannya bisa 5 atau 6 tahun.
Beberapa insinyur teknik mesin melanjutkan
pendidikan pascasarjana mereka dengan mengambil program Master
Teknik, Master
Teknologi, Master
Sains, Master Manajemen Teknik (MEng.Mgt atau
MEM), atau Doctor of Philosophy di
bagian teknik (EngD, PhD). Studi pada tingkatan master bisa memuat atau tidak
memuat penelitian. Doctor of
Philosophy memuat banyak penelitian dan biasanya dijadikan pintu masuk untuk
para akademisi.[1]
Cabang teknik mesin terdiri dari banyak
subdisiplin ilmu lainnya. Beberapa subdisiplin ilmu ini diajarkan di perguruan
tinggi di tingkat sarjana (S1). Beberapa dari mereka memang khusus untuk teknik
mesin dan beberapa lagi merupakan gabungan dari teknik mesin dengan teknik
lainnya.
Lingkaran
Mohr, bahan untuk mempelajari tegangan pada elemen
mekanik
Artikel utama untuk
bagian ini adalah: Mekanika
Mekanika adalah bidang ilmu yang
mempelajari gaya dan efeknya pada suatu benda. Secara
khusus, mekanika digunakan untuk menganalisis dan memprediksi akselerasi dan
deformasi (keduanya elastis dan plastis)
dari suatu benda. Subdisiplin dari ilmu mekanika di antaranya:
·
Statis,
ilmu yang mempelajari benda diam, bagaimana suatu gaya mempengaruhi benda diam.
·
Dinamis (atau
kinetis), ilmu yang mempelajari pengaruh gaya terhadap benda bergerak.
·
Mekanika
material, ilmu yang mempelajari bagaimana material yang berbeda
berubah bentuk terhadap berbagai macam tipe tekanan/tegangan.
·
Mekanika fluida, ilmu yang mempelajari
bagaimana fluida bereaksi terhadap gaya[2]
·
Mekanika
continuum, sebuah metode aplikasi mekanika yang mengasumsikan kalau
suatu objek adalah berkesinambungan/terus menerus.
Para insinyur teknik mesin menggunakan ilmu
mekanika pada tahap mendesain atau menganalisis. Misalnya, jika proyeknya
adalah desain dari sebuah kendaraan, maka ilmu statis dapat dipakai untuk
mendesain bodi kendaraan, untuk mengukur seberapa maksimum tegangan yang dapat
diberikan. Ilmu dinamis dapat digunakan untuk mendesain mesin mobil, melihat
gaya yang bekerja pada piston dan cam sebagai
siklus sebuah mesin. Mekanika material dapat digunakan untuk memilih bahan apa
yang cocok untuk bodi mobil sekaligus mesinnya. Mekanika fluida dapat digunakan
untuk mendesain sistem ventilasi kendaraan (lihat HVAC),
atau juga bisa untuk mendesain sistem masukan (intake) pada mesin.
Artikel utama untuk
bagian ini adalah: Kinematika
Kinematika adalah ilmu yang mempelajai
pergerakan dari suatu benda dan sistem, tanpa mempedulikan gaya yang
menyebabkan pergerakan itu. Osilasi dari piston dalam mesin adalah salah satu
contoh sistem kinematika sederhana.
Para insinyur teknik mesin menggunakan
kinematika untuk mendesain dan menganalisis mekanisme.
Kinematika dapat digunakan untuk menemukan suatu jangkauan pergerakan yang
mungkin untuk suatu mekanisme yang diberikan atau kebalikannya, untuk mendesain
sebuah mekanisme yang bekerja sesuai dengan jangkauan pergerakan yang
diinginkan.
Training FMS with
learning robotSCORBOT-ER
4u, workbench CNC Mill and CNC Lathe
Artikel utama untuk
bagian ini adalah: Mekatronika dan Robotika
Mekatronika adalah cabang antarilmudisiplin
yang menggabungkan teknik mesin, teknik listrik, dan rekayasa perangkat
lunak. Dalam hal ini, mesinnya beroperasi secara otomatis melalui
penggunaan motor elektrik, servo-mekanisme,
dan perangkat eletrikal lainnya dengan penggunaan software khusus. Contoh
sistem mekatronika yang paling umum adalah CD-ROM drive. Sistem mekanikal
membuka dan menutup drive-nya, memutar CD dan memindah-mindahkan posisi laser,
dengan sistem optik membaca data yang ada di CD dan mengubahnya ke bit.
Perangkat lunak terintegrasi mengontrol proses tersebut, dan menghubungkan isi
dari CD ke komputer.
Robotika adalah aplikasi dari ilmu
mekatronika untuk menciptakan sebuah robot, yang biasanya sudah sering digunakan
untuk melakukan tugas-tugas berbahaya, tidak menyenangkan, atau juga tugas yang
diulang-ulang. Robot ini dapat dibuat dalam berbagai bentuk dan ukuran,
semuanya sudah diprogram terlebih dahulu. Seorang insinyur biasanya akan
memakai ilmu kinematika dan mekanika dalam menciptakan sebuah robot.
Robot juga digunakan luas dalam teknik industri. Penggunaan robot akan
menghemat pengeluaran gaji pegawai, dapat melakukan tugas yang sulit/berbahaya,
dan juga untuk menjamin kualitas tetap. Banyak perusahaan, terutama dalam
industri otomotif, telah menggunakan robot, sehingga terkadang saking
canggihnya, robot itu bisa menjalankan proses produksi itu sendiri sepenuhnya
(tidak memerlukan manusia lagi). Untuk penggunaan di luar pabrik, robot
digunakan dalam pembuangan bom, penjelajahan angkasa,
dan banyak bidang lainnya.
Artikel utama untuk
bagian ini adalah: Analisis struktural dan Analisis
kelelahan
Analisis struktural merupakan cabang dari
ilmu teknik mesin (dan juga teknik sipil) yang digunakan untuk melihat mengapa
dan bagaimana suatu objek mengalami kegagalan. Kegagalan struktural dapat
dilihat dengan 2 tipe utama: kegagalan statis (static failure) dan
kegagalan kelelahan (fatigue failure). Kegagalan struktural
statis muncul ketika suatu benda mendapatkan gaya yang terlalu besar,
lalu mengalami deformasi
plastis. Kegagalan kelelahan muncul ketika suatu
benda mengalami kegagalan (kerusakan) setelah menerima suatu gaya
terus-menerus secara berulang-ulang. Suatu objek yang mengalami kegagalan
kelelahan biasanya dimulai dengan adanya pecahan mikroskopis pada permukaan
objek itu. Seiring berjalannya waktu, pecahan itu akan semakin besar, sampai
pada suatu saat "pecahan" itu telah cukup besar untuk menyebabkan
suatu kerusakan pada objek tersebut.
Kegagalan pada teknik tidak serta merta
didefiniskan ketika suatu benda rusak saja, tapi juga termasuk ketika mereka
tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya.
Analisis struktural digunakan oleh para
insinyur teknik mesin setelah munculnya suatu "kegagalan", atau
digunakan untuk mendesain benda agar terhindari dari "kegagalan" itu.
Artikel utama untuk
bagian ini adalah: Termodinamika
Termodinamika adalah ilmu yang digunakan
di beberapa ilmu teknik, termasuk tenik mesin dan teknik kimia. Termodinamika mempelajari
energi, penggunaannya, dan cara mengubahnya melalui sistem.
Lebih spesifik, termodinamika di dalam teknik lebih mengedepankan bagaimana
mengubah energi yang satu ke energi lainnya. Contohnya, mesin mobil mengubah
energi kimia yang ada dalam bahan bakar menjadi energi panas, dan kemudian
diubah lagi menjadi energi gerak yang akan menggerakkan roda mobil.
Prinsip-prinsip termodinamika digunakan
oleh para insinyur teknik mesin di bagian transfer
panas, termofluida,
dan konversi
energi. Mereka menggunakannya untuk mendesain mesin, pembangkit listrik,
panas, ventilasi, sistem HVAC, penukar panas, pembuang
panas, radiator, kulkas, insulasi,
dan lainnya.
0 komentar:
Posting Komentar